Tips Memulai Pola Makan Sehat Tanpa Bosan

Makan Sehat


Setelah bertahun-tahun mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan berkalori tinggi, sebaiknya Anda mulai menyiapkan diri untuk melakukan pola makan sehat. Tentu saja Anda bosan jika harus memikirkan makan bayam atau brokoli setiap hari.

Namun, untuk menerapkan pola makan sehat, Anda tidak harus mengonsumsi makanan yang itu-itu saja. Yang penting, Anda menggunakan informasi gizi dan resep sebagai kunci sehat, hidup lebih bahagia, dan lebih lama. Berikut beberapa tips memulai pola makan sehat tanpa bosan:

1. Tubuh Anda membutuhkan nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Anda. Pastikan menyertakan biji-bijian, protein, karbohidrat, sayuran, dan lemak dalam diet Anda.

2. Pikirkan kualitas lemak yang dimakan. Mulailah memasak dengan minyak sehat seperti zaitun, kenari, wijen, kemiri, dan minyak almond. Sertakan biji-bijian, kacang-kacangan, dan ikan, dalam resep favorit Anda.

Banyak pelaku diet membuat kesalahan besar ketika mereka menghilangkan lemak sehat dari makanan sehari-hari. Lemak adalah bagian penting dari diet yang sehat karena menjaga kesehatan jantung Anda.

3. Menurut penelitian, sebagian besar orang makan sebanyak 4-5 porsi setiap kali makan. Anda dapat menggunakan piring yang lebih kecil untuk mengontrol porsi makan. Anda tidak perlu makan lebih banyak dari yang Anda butuhkan.

4. Melewatkan makan, khususnya sarapan, dapat menyebabkan kehilangan konsentrasi, menyebabkan metabolisme dan penurunan berat badan melambat. Luangkan waktu untuk sarapan yang sehat untuk memulai hari dengan baik.

5. Rencanakan makanan Anda sehingga tidak akan tergoda mengambil apa pun yang terlihat enak di mata. Caranya, masaklah makanan sendiri. Ketika Anda memasak sendiri, Anda tahu apa yang perlu ditambahkan ke dalam makanan.

6. Jujurlah dengan diri sendiri. Sebuah catatan akan membantu Anda membuat pilihan yang lebih baik dan bertanggung jawab.

7. Dibutuhkan waktu mengubah kebiasaan buruk menjadi yang baik. Buatlah perubahan kecil, dan mulailah mengintegrasikannya dalam kebiasaan makan. Nikmati kesehatan dengan melakukan olahraga rutin.

8. Yang terpenting adalah kembali pada gaya hidup Anda. Makan sehat memiliki banyak manfaat dan mengontrol berat badan.

Sumber: Tabloidnova.com