Inilah Ciri-ciri Beras Bebas Pemutih dan Aman Dikonsumsi

Makan Sehat


Beras menjadi komoditas utama di pertanian Indonesia. Tentu saja hal ini dikarenakan beras merupakan bahan makanan pokok bagi hampir seluruh rakyat nusantara. Ada banyak jenis dan merk beras putih yang dijual di pasaran. Namun demikian, tidak semua beras tersebut aman untuk dikonsumsi. Jadi, bagaimana ciri-ciri beras yang bebas pemutih?


Tidak berbau

Mom beras bebas pemutih tentu tidak memiliki bau apapun, kecuali jika beras tersebut tergolong jenis beras pandan wangi yang memang secara alami menghasilkan bau khas pandan. Namun jika beras yang akan dibeli justru berbau aneh, bisa jadi ini adalah akibat adanya kandungan zat pemutih yang biasanya menggunakan kaporit.

Berwarna putih bening dan mengkilap

Beras putih yang aman dikonsumsi adalah yang warnanya bening dan mengkilap. Anda juga perlu merasa curiga jika warna berasnya putih sekali atau putih pucat. Bulir beras alami tidak akan menempel di telapak tangan jika dilepaskan dari genggaman.

Memiliki sedikit beras patah

Beras yang aman dikonsumsi hanya memiliki sedikit beras patah dan tidak mengandung kotoran berupa batu. Beras dengan kualitas yang lebih baik juga memiliki bentuk fisik utuh, dengan panjang beras yang serupa, dan kualitas gilingannya jauh lebih halus. Saat dicuci, beras yang bebas pemutih akan berwarna keruh seperti air sabun.

Tekstur kering

Cara mengenali beras bebas pemutih juga bisa Mom lakukan dengan meraba tekstur beras itu sendiri. Umumnya, beras bebas pemutih memiliki tekstur yang kering dan tidak licin di telapak tangan. Selain itu, beras alami biasanya akan meninggalkan serbuk kasar jika digenggam. Akan tetapi, beras pemutih tidak meninggalkan serbuk apapun dan terasa licin seperti minyak.

 

Mengenali ciri-ciri beras bebas pemutih dan aman dikonsumsi ternyata mudah, bukan?