5 Buah Untuk Atasi Sembelit

Makan Sehat


Sembelit menjadi salah satu masalah pencernaan yang sering kali mengganggu aktivitas Anda. Biasanya, sembelit terjadi akibat pola makan yang buruk. Namun, ada juga beberapa kondisi lain yang menyebabkan sembelit, seperti hipotiroidisme dan penyakit usus, maupun efek samping dari penggunaan antidepresan. Untuk mengatasi sembelit, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi beberapa buah-buahan segar berikut ini. Apa saja? Yuk, simak!


1. Jeruk

Selain kaya akan vitamin C, buah jeruk juga ampuh mengatasi sembelit. Buah jeruk juga mengandung naringenin, yang bekerja layaknya obat pencahar alami untuk membantu mengatasi sembelit. BAB pun jadi lebih lancar!

2. Pir

Pada beberapa kasus sembelit juga menimbulkan efek perut terasa begah yang membuat Anda merasa tak nyaman. Untuk itu, segera konsumsi buah pir yang memiliki 4,4 gram serat baik untuk memperlancar sistem pencernaan Anda.

3. Apel

Buah apel banyak menyimpan manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satunya sebagai pelancar buang air besar. Pasalnya, satu buah potongan buah apel berukuran sedang, terdiri dari 3,3 gram serat yang dibutuhkan oleh tubuh selama proses pencernaan makanan.

4. Pepaya

Sudah bukan rahasia lagi jika buah pepaya selalu dikonsumsi untuk memperlancar BAB dan mencegah sembelit. Menariknya, buah yang satu ini juga mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah penuaan dini serta dapat mempercepat penyembuhan luka.

5. Kiwi

Satu buah kiwi ukuran sedang mengandung 2,5 gram serat dan banyak mengandung vitamin serta nutrisi yang penting untuk kesehatan usus. Penelitian yang dilakukan oleh Advances in Food and Nutrition Research bahkan mengemukakan bahwa rutin makan buah kiwi, setidaknya dua buah sehari, dapat melancarkan frekuensi Anda buang air besar.

 

Tunggu apa lagi? Cegah sembelit dengan rutin mengonsumsi buah-buahan tadi setiap harinya. Semoga bermanfaat!