3 Alasan Mengapa Telur Baik untuk Jantung

Makan Sehat


Selama ini, banyak orang menganggap bahwa telur merupakan makanan yang kurang baik untuk kesehatan jantung karena mengandung kolesterol cukup tinggi. Padahal, kenyataannya mengonsumsi telur justru dapat memberikan dampak yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Cari tahu beberapa alasannya di bawah ini.


Tidak berhubungan dengan risiko penyakit jantung

Dilansir dari situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, hasil penelitian yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition pada 10 Februari 2016 menyebutkan bahwa konsumsi telur tidak berhubungan dengan risiko penyakit jantung atau pengerasan pembuluh darah.

Meski begitu, bukan berarti Anda bisa bebas makan telur sebanyak mungkin. Satu butir telur per hari sudah cukup untuk menciptakan pola makan yang sehat.

Mengandung zat kolin untuk menjaga kesehatan jantung

Darah manusia mengandung homosistein. Jika kadar homosistein meningkat, risiko penyakit jantung juga ikut meningkat pula. Nah, bagian kuning telur mengandung zat kolin yang bisa membantu tubuh menurunkan kadar homosistein tersebut.

Berkat zat kolin, kadar homosistein dalam darah bisa lebih terkontrol sehingga kesehatan jantung Anda pun lebih terjaga.

Membantu menurunkan tekanan darah

Sementara itu, bagian putih telur mengandung senyawa peptida bernama RVSPL. Senyawa ini bertugas menghalangi enzim angiotensin dalam tubuh yang bekerja meningkatkan darah.

Dengan kata lain, mengonsumsi putih telur dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah. Jika tekanan darah turun, maka risiko penyakit jantung bisa diminimalisir.

 

Jadi, mulai sekarang sertakan telur dalam pola makan sehari-hari Anda, ya!

 

 

Photo Credit: Good Stock Photos