Tak Hanya Soal Pilihan Beras, Ini 3 Tips Membuat Ketupat Lezat

Makan Sehat


Memasak ketupat memang bisa jadihal yang berisiko. Apalagi ketika Anda baru pertama kali melakukannya. Salah langkah bisa membuat ketupat Anda terlalu lembek atau daun kelapa pembungkusnya patah.


Agar hal ini tidak terjadi, ikuti tips membuat ketupat yang pas berikut ini. Mudah dan bisa membuat ketupat Anda makin lezat.

Takaran Beras Harus Tepat

Karena beras merupakan bahan utama dari ketupat, Anda sebaiknya memilih beras dengan kualitas baik. Bila beras yang Anda pilih adalah beras pulen, maka isi selongsong ketupat dengan sebanyak 2/3 saja. Bila beras jenis lain, masukkan 1/3 saja. Sebelum digunakan beras ini sebaiknya direndam dalam air selama 30 menit terlebih dahulu.

Rendam Daun Kelapa Selama Satu Jam

Selain beras, hal lain yang harus Anda rendam adalah daun kelapa. Dengan daun kelapa yang sudah direndam dalam air selama satu jam, ketupat akan lebih mudah dianyam nantinya. Meski tips yang satu ini opsional, namun Anda sebaiknya melakukannya agar ketupat Anda makin lezat.

Sebaiknya Gunakan Panci Besar, Bukan Presto

Memang menggunakan panci presto bisa mempercepat masaknya ketupat Anda, namun hasilnya akan berbeda dengan bila Anda menggunakan panci besar. Waktu masak yang lama membuat ketupat lebih lezat daripada ketupat yang dimasak dengan presto.

Bila memasak dengan panci besar, Anda membutuhkan waktu sekitar empat hingga lima jam untuk membuat ketupat. Sedangkan dengan presto, Anda hanya perlu meluangkan waktu satu jam saja. Cukup berbeda, bukan?

Nah, mari masak ketupat dengan benar mulai sekarang, ya!