Pilihan Roti untuk Sarapan Sehat

Makan Sehat


Roti bisa menjadi pilihan sarapan sehat dan praktis. Pada dasarnya roti dibuat dari tepung terigu biasa, tepung terigu gandum utuh, atau dari bahan makanan lain yang dihaluskan.


Roti yang dibuat dari beragam tepung, tentu saja akan memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Berikut pilihan roti untuk sarapan sehat.

 

Roti Gandum

Banyak negara yang mengolah roti gandum. Roti ini dibuat dari campuran tepung gandum utuh dan tepung putih. Roti gandum mengandung banyak kalsuim, namun rendah serat. Roti ini biasa dijual di pasar sebagai roti sandwich.

 

White Bread

Banyak negara yang mengolah roti yang umumnya berbahan dasar tepung serba guna atau tepung roti. White bread merupakan roti yang paling populer, terutama di Amerika Serikat. Dibuat dari adonan beragi. kebanyakan roti ini memiliki tekstur lembut dan mudah untuk dipotong. White bread biasanya dipotong menjadi lembaran terlebih dahulu sebelum dipak, dan biasanya digunakan sebagai roti sandwich.

 

Pullman Loaf

Roti asal Amerika Serikat yang biasanya dibuat dari tepung gandum. Beberapa jenis roti ini dinamai seperti mobil railway Pullman yang berada di Amerika Serikat, karena bentuk Pullman loaf memang sama dengan bentuk mobil railway. Roti ini berbentuk persegi panjang dan biasa disajikan dalam bentuk lembaran, serta dijadikan roti sandwich.

 

Roti Rye

Banyak negara yang mengolah roti ini, seperti Eropa Barat, Scandinavia, Rusia, Jerman, Itali, New York, Polandia, dan Swedia. Roti rye adalah kombinasi dari tepung rye dan tepung gandum.

Roti rye yang berasal dari Eropa Barat, Scandinavia, dan Rusia memiliki warna gelap dan rasa rye yang dominan karena penggunaan tepung rye lebih banyak dibandingkan tepung gandum. Adonan roti ini lebih berat, lebih lengket, dan sulit untuk dibentuk.

Roti rye yang berasal dari Jerman sedikit lebih berat dibandingkan roti rye dari negara lain. Sementara penggunaan rye pada roti rye asal Itali lebih sedikit, sehingga menghasilkan warna yang lebih terang. Biasanya roti ini digunakan untuk membuat sandwich dan diberikan sedikit minyak zaitun.

Lain halnya dengan roti rye asal New York yang memiliki warna lebih terang dan tekstur yang kenyal. Secara warna, rasa, dan tekstur roti rye asal Polandia sama dengan roti rye dari New York.