Ternyata, Konsumsi Avokad Menurunkan Kolesterol

Makan Sehat


Makan avokad tiap hari dapat menurunkan kolesterol, dan mengurangi risiko terkena serangan jantung. Demikian laporan studi terbaru yang dirilis Journal American Heart Association.


Dikutip dari NBC News , laporan yang dirilis pekan lalu itu memaparkan bahwa buah avokad mengandung nutrisi dan lemak yang menyehatkan, yang secara berkala bekerja positif menurunkan kolesterol.

 

Seperti halnya minyak zaitun dan kacang-kacangan, avokad juga diketahui mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Efeknya dapat dikatakan sama berkhasiatnya dengan menu diet Mediterania yang terkenal baik buat tubuh.

 

"Di masa lampau, kita mengganti makanan berkarbohidrat dengan yang mengandung lemak jenuh, dan kemudian makanan yang tergolong rendah lemak," ujar Penny Kris-Etherton, Ketua American Heart Association's Nutrition Committee, dan profesor bidang nutrisi di Pennsylvania State University.

 

Sekarang, kata dia, ada baiknya memang mengonsumsi lemak yang baik buat tubuh, seperti lemak jenuh, namun temuan ini menyarankan untuk menggantinya dengan lemak tak jenuh. Asalkan, konsumsinya tidak berlebihan dan tidak pula kurang.

 

Untuk studinya ini, Kris-Etherton dan timnya melakukan studi intensif dengan melibatkan 45 warga Amerika yang semuanya mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, namun dengan tekanan darah dan kolesterol yang sehat.

 

Mereka mengaku, sangat sulit mengukur pola makannya dengan pasti, karena setiap orang mengonsumsi makanan yang berbeda. Namun untuk studi ini, tim peneliti mengawasi apa yang dimakan oleh setiap partisipan dan memberikan asupan makanan yang wajib dikonsumsi secara berkala.

 

Ada tiga metode yang digunakan. Pertama dengan diet rendah lemak tanpa avokad, kedua diet ketat tanpa avokad, dan ketiga mereka yang diberi tambahan satu buah avokad setiap harinya. Setiap orang dites selama lima minggu. Hasilnya, tidak ada yang kehilangan berat badan, namun kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh mereka mengalami penurunan.

 

Kris-Etherton mengatakan, semua jenis diet memang baik. Namun ternyata diet dengan menambahkan satu avokad setiap hari mampu menurunkan kolesterol. Para partisipan pun mengaku mengalami penurunan kadar LDL setidaknya 13 poin dari biasanya.

 

Selain mengandung lemak tak jenuh tunggal, avokad juga mengandung serat, fitosterol, dan polifenol, yang semuanya dapat membatu menurunkan kolesterol. Buah avokad juga mengandung gula alami yang dapat membantu mengatur gula darah.

 

"Kita perlu fokus dalam mengonsumsi makanan yang benar-benar sehat, dan buah avokad bagaimana pun adalah salah satu yang bisa dipercaya," tambah Kris-Etherton.

 

Mengonsumsi avokad pun bisa divariasi, seperti menambahkannya dalam menu salad, menjadikannya olesan pada roti (tambahkan sedikit Olivoila agar terasa lebih gurih), atau mengeroknya dengan tambahan kopi. Namun perlu digarisbawahi bahwa semua makanan baik jika tidak berlebihan saat mengonsumsinya, dan tidak pula kurang.