Pentingnya Konsumsi Ubi Jalar

Makan Sehat


Ubi jalar memiliki banyak gizi dan penuh dengan vitamin dan mineral. Jika Anda tidak menyukai ubi jalar, mungkin Anda akan berubah pikiran setelah membaca artikel ini.


Mengandung Antioksidan Tinggi

      Ubi jalar memiliki antioksidan yang melimpah. Antosianin dalam ubi jalar ungu adalah salah satu antioksidan terbaik yang terkandung pada ubi jalar. Antosianin bahkan nyaris setara dengan antioksidan bernama beta karoten yang terkandung dalam buah jeruk. Antosianin memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu menangkal berbagai penyakit.

 

Memiliki Zat Mangan yang Tinggi

      Satu ubi jalar ukuran medium memiliki 28 persen dari kebutuhan harian mangan Anda. Mangan ialah mineral penting untuk metabolisme dan membantu mencerna karbohidrat, sehingga membantu Anda merasa berenergi lagi. Mangan membantu tubuh menyerap nutrisi penting lainnya, dan menjaga tulang tetap kuat dan sehat.

 

Sumber Terbaik Beta Karoten

      Seperti yang dijelaskan di atas, ubi jalar kaya akan beta karoten. Satu ubi jalar berukuran sedang mengandung lebih dari 200 persen kebutuhan beta karoten Anda. Beta karoten adalah nutrisi penting yang bisa mengubah nutrisi menjadi vitamin A. Ini bagus bagi kesehatan mata dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

 

Mengandung Quercetin

      Ubi jalar mengandung banyak nutrisi penting, termasuk quercetin. Quercetin memiliki banyak manfaat yang baik, antara lain dapat membantu menurunkan kolestrol LDL dan mengurangi peradangan. Selain itu, ia bertindak sebagai antihistamin alami yang dapat membantu memerangi alergi.

 

Membantu Kontrol Gula Darah

      Meski ubi jalar mengandung karbohidrat, namun dapat membantu mengelola kadar gula darah. Karena ubi jalar meningkatkan kadar adiponektin, yang dapat memodifikasi metabolisme insulin yang membantu mengontrol kadar gula darah. Ubi jalar juga kaya serat, yang berarti memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah dan dapat membantu mencegah lonjakan gula darah.

 

Baik untuk Jantung

      Ubi jalar merupakan sumber potassium yang fantastis, juga vitamin B6 - dua nutrisi penting yang baik untuk jantung. Kalium membantu mencegah tekanan darah tinggi dan vitamin B6 membantu memecah homosistein yang dapat menyebabkan pengerasan arteri dan menyebabkan penyakit kardiovaskular. Ketika Anda mengonsumsi ubi jalar, Anda mendapatkan kalium dan vitamin B6, yang sangat penting bagi jantung Anda.

 

Vitamin C

      Bahan makanan yang kaya vitamin C ternyata bukan hanya jeruk, tetapi juga ubi jalar. Ubi jalar ukuran sedang mengandung sekitar 40 persen dari kebutuhan harian vitamin C. Ini membantu tubuh memproduksi kolagen yang membuat sendi dan kulit yang sehat. Plus, dapat membantu Anda mengatasi stres dengan lebih baik.

 

Vitamin D

      Vitamin D sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini memainkan peran penting dalam tingkat energi Anda, membantu meningkatkan mood dan membangun tulang yang sehat. Ini juga bagus untuk jantung, kulit, dan gigi Anda.