Benarkah Karpet Dapat Mengurangi Kualitas Kesehatan Udara?


Karpet atau permadani merupakan bagian interior yang dapat menambah kesan hangat dan nyaman dalam rumah. Tapi kebersihan karpet perlu dijaga agar kualitas udara rumah Anda tetap sehat.


Karpet atau permadani merupakan bagian yang tidak terlepas dari sebuah rumah tinggal. Selain berfungsi sebagai penutup lantai agar lebih hangat dan nyaman, karpet juga bermanfaat sebagai elemen interior yang dapat memberikan warna tersendiri pada ruangan.

Tetapi tahukah Anda, karpet bisa menjadi salah satu tempat yang paling kotor dalam rumah Anda? Permukaannya bisa menyimpan debu, jamur dan bakteri yang dapat mempengaruhi kualitas udara dalam ruang dan akhirnya menjadi sumber penyakit.

Bayangkan juga apabila Anda memiliki hewan peliharaan yang juga ikut bermain-main diatas karpet sehingga dapat menyumbang kuman lebih banyak lagi.

Jadi bagaimana solusinya? Simak tipsnya berikut ini.

1. Penempatan Karpet.

Letakkan karpet di bagian yang jarang dilalui orang, misalnya ruang tamu ataupun ruang kerja.

2. Cuci Kaki Terlebih Dahulu.

Saat pulang ke rumah, bersihkan kaki terlebih dahulu dan keringkan sebelum menginjak karpet sehingga mengurangi debu dan kuman yang melekat.

3. Gunakan Keset.

Keset kaki berfungsi sebagai “penyaring” debu pada kaki. Cukup letakkan keset pada bagian yang banyak dilalui orang misalnya pintu masuk utama, pintu kamar mandi dan dapur.

4. Jangan Membersihkan Kotoran Diri pada Karpet.

Tanpa disadari, banyak orang yang suka membersihkan kotoran tubuh, misalnya pada tangan atau kaki, dengan menggosokkannya pada karpet. Kurangilah kebiasaan ini karena karpet bukanlah penyaring kotoran seperti keset.

5. Gunakan Vacuum Cleaner.

Sebagai perawatan, bersihkan karpet dengan menggunakan vacuum cleaner setiap sore setelah aktivitas rumah mulai berkurang.

6. Cuci Secara Rutin.

Pemakaian dalam jangka waktu tertentu akan membuat debu dan kuman makin menumpuk pada karpet. Jadi, Anda perlu mencuci karpet secara rutin. Disarankan minimal dua kali setahun. Setelah mencuci, keringkan dengan sinar matahari agar tidak lembab.

7. Ganti dengan Karpet Baru.

Ada saatnya Anda harus membuang karpet lama Anda dan menggantinya dengan yang baru. Biasanya karpet bisa dipakai sampai 10 tahun jika dirawat dengan baik, tetapi bagaimanapun, warnanya tetap akan memudar dan kenyamanannya akan berkurang.

Demikianlah beberapa tips dalam merawat karpet Anda agar tetap bersih, nyaman dan indah dipandang mata. Apakah Anda memiliki tips selain diatas? Mari bagikan di kolom komentar.