3 Tips Ajarkan Anak untuk Makan Sehat


Anda pasti merasakan bagaimana perkembangan Si Kecil ketika berumur 2 tahun sampai 4 tahun, Si Kecil pasti semakin penasaran dengan jajanan yang ada di pinggir jalan atau sekadar makanan ringan. Tidak bisa dipungkiri, Si Kecil pasti suka jajanan tersebut padahal makanan tersebut belum tentu baik untuk kesehatan Si Kecil jika tidak dikontrol.



Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus bisa mulai mengajarkan bagaimana pentingnya makanan sehat dan sedikit demi sedikit mengurangi jajanan atau makanan ringan tersebut. Simak tiga tips mengajarkan anak untuk makan sehat sepanjang hari berikut ini.


Beri contoh yang baik

Tips pertama adalah biasakan Anda sebagai orang tua untuk makan makanan yang menyehatkan. Ketika makan bersama Si Kecil, beri contoh yang baik bagaimana sayuran dan buah-buahan ini sangat bagus untuk perkembangan Si Kecil. Misalnya manfaat serat pada buah baik untuk melancarkan metabolism tubuh dan cegah sembelit.

Siapkan stok makanan di rumah

Salah satu alasan mengapa Si Kecil sering beli makanan di luar adalah tidak tersedianya makanan yang cukup di rumah. Jadi, untuk mengatasi hal ini, sediakan beberapa buah di dalam rumah, sayuran, atau kacang-kacangan yang menyehatkan bagi Si Kecil.

Ajak Si Kecil berbelanja

Tips terakhir yang sangat ampuh adalah ajak Si Kecil berbelanja makanan. Ketika mengajak Si Kecil, usahakan selalu berinteraksi dan ajarkan Si Kecil bahwa ada banyak sekali daftar makanan yang baik dikonsumsi dan tidak baik dikonsumsi. Setelah itu, ajak anak membeli makanannya sendiri, dengan begini Si Kecil akan mempunyai tanggung jawab untuk menghabiskannya ketika di rumah.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membiasakan Si Kecil agar makan makanan yang menyehatkan. Semoga lancar, ya.