Apakah Anda Bisa Terserang Alergi Susu Saat Dewasa?


Alergi susu adalah suatu reaksi ketidak-tahanan tubuh terhadap satu atau lebih protein susu. Beberapa dari Anda mungkin tidak nyaman setelah minum susu saat sudah dewasa. Merasa perut menjadi kembung atau bahkan diare setelah minum susu. Padahal, waktu kecil Anda bisa minum susu dan tidak ada masalah dengan konsumsi susu. Hal ini mungkin membuat Anda berkesimpulan bahwa Anda mempunyai alergi susu saat dewasa. Apakah benar seperti itu?


Alergi susu bisa muncul saat Anda sudah dewasa, termasuk alergi terhadap susu sapi. Biasanya, alergi susu saat dewasa muncul pada usia 30-an atau 40-an.

Gejala alergi susu saat dewasa bisa muncul setelah Anda minum susu. Gejala ini bisa dalam bentuk ruam pada kulit di sekitar mulut dan bisa menjalar ke bagian tubuh lain. Kulit Anda bisa menjadi kemerahan dan gatal. Selain ruam kulit, gejala lainnya adalah masalah pada sistem pencernaan, seperti kram perut, perut kembung, mual, dan muntah. Tentu, ini membuat Anda sangat tidak nyaman.

Di dalam susu, terkandung air, protein, mineral, lemak, dan karbohidrat (gula susu). Protein dalam susu sapi ini dapat menyebabkan Anda memunculkan reaksi alergi karena dianggap tubuh sebagai zat asing. Sel-sel darah putih akan membentuk antibodi atau disebut dengan antihistamin untuk melawan zat asing tersebut. Hal ini kemudian dapat memunculkan gejala alergi, yang bisa ditunjukkan melalui kulit, sistem pencernaan, dan sistem pernapasan.

Jika benar Anda mempunyai alergi susu, sebaiknya hindari konsumsi susu, produk susu, dan makanan yang mengandung produk susu, Hal ini biasa disebut dengan syok anafilaksis.

 

Jadi, lebih baik mencegah sebelum terjadi. Semoga bermanfaat!