Tips Bersih-bersih Rumah Setelah Lebaran, Ini 3 Hal yang Wajib Anda Lakukan


Rumah yang ditinggal pergi dalam waktu lama bisa menjadi tempat berkumpulnya debu. Tak jarang, Anda bisa batuk-batuk saat masuk bila rumah tersebut ditinggal selama satu minggu. Agar hal ini tak terjadi, Anda harus membersihkannya dengan benar.



Bagaimana bersih-bersih rumah setelah lebaran yang benar? Baca tips lengkapnya di artikel berikut ini.


Lap dengan Kain Basah Sebelum Menggunakan Kemoceng

Agar debu tak mengganggu pernafasan Anda, sebaiknya lap furnitur Anda dulu dengan kain basah. Kemudian baru dibersihkan dengan kemoceng. Hal ini bisa mengambil debu-debu tipis yang menempel di furnitur Anda dan mempermudah pembersihan dengan kemoceng setelahnya.

Sapu - Pel - Sapu

Anda tak sebaiknya melakukan sekali penyapuan karena debu umumnya masih ada yang tersisa setelah lantai di pel. Lakukan sapu - pel - sapu setelah lebaran agar rumah Anda tetap bersih dan tak ada kotoran yang tersisa. Sapu dengan menyeluruh hingga berbagai sudut lalu pel hingga bersih, kemudian sapu kembali untuk mengambil kotoran yang tersisa.

Bersihkan Juga Jendela dan Gorden Anda

Gorden dan jendela Anda juga menjadi tempat berkumpulnya debu yang bisa membahayakan sistem pernafasan. Untuk itu, bersihkan tempat ini secara menyeluruh juga. Turunkan gorden dan ganti dengan yang baru, kalau perlu cuci gorden yang lama di laundry. Untuk jendela, bersihkan dengan cara mengelap setiap bagiannya dengan kain basa sebelum membersihkannya dengan kemoceng, kemudian lap kembali dengan kain kering.

Jangan lupa untuk membersihkan rumah dengan cara yang sama sebelum lebaran, ya!