Supaya Tidak Kelaparan di Jalan, Ini Tips Mudik Aman Berbuka Puasa


Mudik saat masih puasa memang bisa jadi tantangan tersendiri. Tak hanya karena jaraknya, tetapi juga karena pengaturan waktunya yang harus Anda perhatikan. Salah waktu sedikit, ibadah Anda bisa terganggu.


Agar buka puasa tetap aman saat mudik, ikuti tiga tipsnya berikut ini. Jangan sampai ibadah Anda terganggu karena perjalanan mudik, ya!

Hitung Waktu Perjalanan Anda

Agar bisa sampai di tempat tujuan saat adzan magrib berkumandang, Anda sebaiknya menghitung waktu perjalanan dengan baik. Atau setidaknya, hitung jarak dari tempat Anda ke lokasi tempat makan terdekat saat berbuka puasa nanti.

Bila Memang Tak Bisa Turun untuk Makan, Siapkan Makanan Kecil yang Mengenyangkan

Memang idealnya Anda turun dan makan di sebuah restoran ketika adzan magrib berkumandang. Namun bila Anda tak dapat melakukannya, siapkan makanan kecil yang mengenyangkan. Namun jangan sampai perut Anda terlalu penuh dan malah jadi mengantuk karena perjalanan belum selesai.

Siapkan kurma, roti yang diiris kecil atau buah-buahan manis seperti pisang untuk memberikan energi pada tubuh Anda. Mengenyangkan tanpa harus membuat perut terlalu penuh.

Sebaiknya Membawa Minuman Ini Saja

Kenyataannya, mengonsumsi minuman energi saat buka puasa dan perut kosong bisa berakibat buruk. Lebih baik Anda mengisi cairan tubuh Anda dengan air putih, teh manis atau minuman isotonik. Tetapi sangat disarankan untuk mengisi perut Anda dengan segelas air putih dulu sebelum menenggak minuman lainnya untuk mempersiapkan perut Anda yang kosong.

Jangan lupa istirahat sejenak ketika Anda merasa lelah saat perjalanan, ya!