Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jantung


Sebagai organ vital di tubuh Anda, kesehatan jantung perlu dijaga. Apalagi di tengah maraknya lifestyle makan yang berlemak tinggi. Menumpuknya lemak dalam tubuh bisa membuat jantung Anda bekerja dengan lebih berat. Tetapi di bulan suci ramadan ini, Anda bisa memperbaiki kesehatan organ tersebut.


Bulan puasa dipercaya sebagai waktu yang tepat untuk menaikkan kesehatan jantung Anda. Mengapa?

Pengaturan Pola Makan Kunci Jantung Sehat
Saat puasa, otomatis Anda akan mengatur pola makan. Setidaknya, Anda tidak akan tergoda untuk terus-terusan memakan junk food atau makanan berlemak tinggi lainnya yang dapat memperburuk kondisi jantung Anda.

Diet Alami Turunkan Lemak
Masih menyambung dengan pola makan yang ada di poin pertama. Jika pola makan Anda baik selama puasa, otomatis lemak di dalam tubuh Anda pun akan berkurang. Ketika lemak berkurang, kerja jantung akan lebih mudah. Sehingga jantung Anda bisa lebih sehat daripada sebelumnya.

Kolesterol Jahat Bisa Ikut Turun
Dengan asupan makanan berlemak yang sangat berkurang saat puasa, kolesterol jahat pun akan turun. Apalagi ketika Anda berkonsultasi dengan dokter untuk menu makanan saat puasa. Biasanya dokter akan memberikan makanan-makanan yang bisa menaikkan kadar HDL (kolesterol baik) dan menurunkan lemak. Naiknya kadar HDL juga bisa berarti turunnya kadar LDL (kolesterol jahat), sehingga kerja jantung Anda pun akan lebih baik.

Yuk, makan lebih sehat saat puasa demi kesehatan jantung Anda!