Serunya Mengajak Anak Siapkan Kue Lebaran


Si Kecil sedang belajar berpuasa, dan sebentar-sebentar bertanya ÔÇ£Kapan waktunya buka puasa?ÔÇØ, ÔÇ£Sudah azan magrib belum?ÔÇØ, dan sebagainya. Pernah mengalaminya?


Sambil memberinya pengertian, yang bisa dilakukan agar si Kecil semakin bersemangat menjalankan ibadah puasa adalah memberikan kegiatan yang seru dan mengasyikan. Salah satunya adalah mengajak anak mempersiapkan kue Lebaran. Apa saja yang harus dipersiapkan?

1. Jenis Kue
Ajak anak saat memilih kue, bisa jadi kue itu favoritnya sehingga ia lebih bersemangat.

2. Resep Mudah
Jangan pilih resep yang sulit sehingga anak bisa dengan mudah mengikuti.

3. Pengalaman Baru
Libatkan anak dalam proses membuat agar ia mendapat pengalaman baru. Misalnya mencampur aneka bahan kue, merasakan aneka teksturnya, mengaduk hingga mencetak.

4. Selalu Dampingi
Dapur berisi banyak benda tajam, oven panas atau kompor. Jadi selama di dapur, damping dan beri pengertian mana yang boleh atau tidak pada anak-anak.

5. Bebas Berkreasi
Berkreasi membuat kue favorit anak bisa mengasah kemampuan imajinasinya. Bebaskan saat ia ingin membuat aneka bentuk atau warna. Bahkan ketika ia bermain menghitung biji-bijian atau kacang di dapur.

6. Jangan Persoalkan Kesalahan Kecil
Dapur menjadi kotor, baju terkena noda, hasil kue tidak sempurna, itu semua adalah proses belajar bagi si Kecil. Jadi jangan pernah mempersoalkan kesalahan-kesalahan seperti itu.

7. Beri Pujian
Apapun hasilnya, jangan lupa memberikan ucapan terima kasih dan pujian pada anak ketika selesai membantu.

Seru dan asyik, kan, Bu?