3 Tips Hangatkan Makanan untuk Sahur


Bulan Ramadan sudah di depan mata. Saatnya memaksimalkan ibadah puasa bersama keluarga tercinta. Tentu rasanya membahagiakan, bukan? Salah satu yang wajib dipersiapkan agar selama berpuasa tubuh tetap bugar adalah makanan sahur yang lezat dan bergizi.


Tak perlu menu yang sulit-sulit, kok. Menu simpel namun sehat dan disukai keluarga bisa menjadi pilihan. Untuk menghemat waktu, Anda sebaiknya menyiapkan makanan sahur pada malam harinya. Jadi saat sahur, Anda tinggal menghangatkannya dengan tiga cara mudah ini.

1. Microwave
Meski mudah, menghangatkan makanan dengan microwave ada aturannya. Pertama, makanan yang bisa dihangatkan adalah kategori lauk, sup, makanan yang direbus atau tumis, makanan yang dikukus, pasta atau mi. Kedua, pilihan wadah yang aman seperti keramik atau porselen. Ketiga, jangan menumpuk makanan tetapi letakkan menyebar dan rata agar cepat hangat.

2. Kompor
Saat menghangatkan makanan di atas kompor, pilih wadah yang sesuai. Panci atau wajan cocok untuk makanan lembek dan berkuah, pizza, nasi, pasta, mi, tumisan, daging. Double boiler cocok untuk menghangatkan saus atau mashed potato. Sedangkan pengukus cocok untuk menghangatkan ikan kukus, siomay, dim sum.

3. Magic Com
Selain untuk menanak nasi, alat ini bisa untuk menghangatkan makanan seperti sayur, bubur nasi hingga lauk. Namun, karena panasnya lama Anda harus menyimpannya beberapa jam sebelumnya.

Tertarik mencoba?