Jangan Tidur Setelah Sahur, Ini 4 Alasannya


Saat makan sahur biasanya mata masih terasa berat untuk bangun. Apalagi bagi Anda yang terbiasa tidur atau bekerja hingga larut malam. Namun, ibadah ini sebaiknya dilakukan agar selama berpuasa tubuh lebih kuat untuk beraktivitas.


Untuk membayar rasa kantuk yang masih tersisa, tidak sedikit orang yang melanjutkan tidur mereka setelah kelar sahur. Padahal ternyata tidur setelah makan dapat berefek tidak baik bagi kesehatan tubuh. Kenapa?

Setelah makan, lambung akan mencerna makanan menjadi sari-sari makanan untuk diserap tubuh. Untuk makanan yang sarat karbohirat dan lemak, dibutuhkan waktu 2 jam untuk mencerna makanan sampai berbentuk sari yang mudah diserap tubuh.

Dalam proses mencerna, dibutuhkan suplai pembuluh darah sehingga sebaiknya setalah makan kita melakukan aktivitas. Sementara jika kita langsung tidur setelah makan, makanan belum dicerna sempurna sehingga berakibat pada gangguan kesehatan dan makanan tidak menjadi energi.

Apa saja gangguan kesehatan yang bisa terjadi jika tidur setelah makan sahur?

1. Kegemukan
Tidur setelah makan makanan berlemak dan karbohidrat tinggi meningkatkan risiko kegemukan hingga dua kali lipat. Selain itu pada saat tidur hormon grehlin meningkat sehingga orang merasa lebih lapar ketika bangun.

2. Asam lambung naik
Jika makanan tidak dicerna dengan sempurna, asam lambung bisa cepat naik dan membuat dinding lambung teriritasi. Alhasil, perut kiri bagian atas terasa nyeri, mual dan rasa panas di dada.

3. Refluks
Refluks asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) terjadi karena katup antara perut dan kerongkongan tidak menutup sempurna.

Sehingga saat kita tidur setelah makan, terutama dalam posisi terlentang, makanan dapat berbalik dari lambung ke kerongkongan sambil membawa asam lambung. Gejalanya antara lain rasa terbakar di dada, kerongkongan panas, mual, ludah berlebih, mulut pahit.

4. Stroke
Stroke yang berhubungan dengan kebiasan tidur setelah makan adalah stroke perdarahan. Kenapa? Saat tidur suplai aliran darah ke otak harus terjaga, sementara saat itu lambung pun sedang mencerna makanan yang membuat suplai aliran darah terbagi. Jika berkelanjutan, otak bisa kekurangan oksigen an menyebabkan stroke.

Jadi hindari kebiasaan tidur setelah makan sahur, yuk!