3 Olahraga Pilihan Saat Puasa


Saat berpuasa di bulan Ramadan ada beberapa aktivitas sehari-hari yang harus mengalami perubahan. Selain jadwal makan, tentu saja rutinitas yang membutuhkan banyak energi seperti berolahraga harus disesuaikan. Misalnya durasi olahraga dikurangi, berolahraga menjelang berbuka, dan hindari olahraga yang terlalu berat sehingga tubuh kelelahan dan dehidrasi.


Berikut ini tiga pilihan olahraga yang bisa dilakukan saat Anda menjalani puasa:

1. Yoga
Yoga cocok menjadi pilihan olahraga di kala berpuasa. Pilih gerakan yoga cenderung perlahan, stabil, dan tidak menguras banyak energi. Lakukan gerakan yoga sekitar satu jam sebelum berbuka puasa, cukup dua kali dalam seminggu.

2. Jalan Santai
Sore hari sambil menunggu azan magrib berkumandang, tidak ada salahnya melakukan jalan santai di sekeliling rumah. Jalan santai baik untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama kesehatan kardiovaskuler dan tulang. Lakukan sekitar 40 menit, 2-3 kali seminggu.

3. Sepeda
Sama halnya dengan jalan santai, bersepeda sore hari sambil menunggu waktu berbuka cukup menyenangkan dan menyehatkan dilakukan. Bersepeda santai bisa membuat tubuh rileks, memperkuat otot-otot tubuh serta melancarkan sirkulasi darah. Lakukan sekitar 40 menit, 2-3 kali seminggu.

Puasa lancar, berolahraga pun jalan terus!