Olahraga Malam, Mengapa Tidak? Ini Pilihannya


Olahraga rutin sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan. Namun bagaimana jika Anda hanya memiliki waktu luang pada malam hari, apakah bisa dipergunakan untuk berolahraga? Tentu saja bisa! Sebetulnya, tidak ada patokan lebih baik berolahraga pagi atau malam hari, sebab kedua waktu tersebut memiliki kelebihan masing-masing.


Selain membakar kalori, berolahraga di malam hari bermanfaat memperkuat daya tahan tubuh, mengusir stres, melepaskan pikiran dari ketegangan setelah seharian bekerja, mengatasi sakit pinggang dan punggung akibat duduk terlalu lama, membantu proses pencernaan menjelang tidur dan membuat tidur lebih nyenyak di malam hari. Namun jangan melakukan olahraga berlebihan pada malam hari karena justru bisa membuat kelelahan dan sulit tidur.

Apa saja olahraga yang bisa dilakukan pada malam hari? Ini tiga pilihannya.

1. Jalan Kaki
Selain menyehatkan, olahraga jalan kaki 45-60 menit di malam hari ternyata bermanfaat mengendalikan nafsu makan setelahnya sehingga baik untuk orang yang tengah menjaga berat badan. Namun, pastikan Anda memilih rute atau tempat olahraga yang aman dan nyaman di malam hari, ya.

2. Yoga
Yoga selama 45 menit di malam hari membuat tubuh dan pikiran lebih rileks, melancarkan sirkulasi darah, menormalkan tekanan darah, melapangkan pernapasan serta mengurangi gangguan tidur di malam hari.

3. Fitness
Olahraga ini biasanya dilakukan di gym atau klub kebugaran sehingga lebih aman jika Anda memilih waktu olahraga pada malam hari. Beragam alat tersedia sehingga Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Untuk pemula, lebih baik Anda didampingi seorang trainer.

Anda mau mencoba yang mana?