5 Tips Membuat Garnish yang Bikin Makanan Jadi Menarik


Untuk menambah daya tarik sebuah masakan, selain rasanya yang harus nikmat diperlukan hiasan yang memikat. Salah satunya adalah garnish dari aneka makanan jadi, sayuran, dan buah-buahan segar yang diukir aneka bentuk cantik. Sebelum membuat garnish, ikuti yuk lima tips berikut ini!


1. Tentukan Tema Garnish
Misalnya, Anda ingin membuat tema aneka bunga atau binatang. Tema akan mempermudah Anda menentukan buah dan sayuran apa yang harus dipersiapkan.

2. Fokus Pada Makanan
Meski terlihat indah dan menarik, garnish tetap berfungsi sebagai penghias. Jangan sampai masakan utamanya justru ÔÇ£tenggelamÔÇØ karena garnish yang terlalu banyak atau ramai.

3. Peralatan Garnish
Selain bahan utama berupa sayur dan buah, siapkan peralatan membuat garnish agar hasilnya rapi dan cantik, seperti talenan, pisau lipat, pisau ukir, sumpit, pinset, gunting kecil, dan sebagainya.

4. Kesegaran Bahan
Untuk membuat garnish gunakan buah dan sayuran yang segar, bersih, dan dapat dimakan.

5. Tingkat Kesulitan
Bagi pemula buatlah garnish yang simpel, yaitu terbuat dari 1-2 bahan seperti sayuran, sereal, crouton. Jika sudah andal, Anda bisa membuat composite garnish yang terdiri dari beragam bahan yang tentu saja komposisi bentuk, rasa, dan aromanya harmonis dengan makanan utama.

Beberapa garnish yang terbuat dari buah dan sayur adalah bunga mawar (menggunakan tomat, wortel, bengkuang, mentimun atau bit), bunga gerbera (menggunakan cabai merah besar), kupu-kupu (menggunakan tomat merah), dan sebagainya.

Anda mau pilih tema garnish yang mana? Yuk, dicoba!