Panahan, Olahraga yang Ngetren (Lagi), Ini 5 Manfaatnya bagi Kesehatan!


Panahan kembali jadi tren. Mulai dari Presiden Jokowi hingga Bunga Citra Lestari, Chelsea Islan dan Tara Basro dalam film Tiga Srikandi lihai melesatkan anak panah.


Komunitas dan les privat olahraga panahan semakin menjamur. Bahkan banyak sekolah yang menjadikan olahraga ini sebagai ekstrakurikuler wajib. Tidak hanya mengasyikan, ternyata olahraga panahan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut ini lima di antaranya.

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Olahraga panahan dapat menormalkan detak jantung dan menurunkan risiko serangan jantung jika dilakukan rutin. Selain itu dapat membantu pernapasan, menjaga tekanan darah, dan melancarkan sirkulasi darah.

2. Melatih Keseimbangan Tubuh
Saat membidik dan melepaskan busur, tubuh dilatih untuk mengontrol keseimbangannya. Otot-otot tubuh akan beradaptasi untuk bisa bergerak stabil dan lebih kuat.

3. Menguatkan Otot Tubuh Bagian Atas
Olahraga ini banyak meletakkan tumpuan pada otot-otot tubuh bagian atas sehingga lebih kuat sekaligus lentur, yaitu otot tangan, otot dada, otot bahu serta otot punggung.

4. Melatih Fokus
Jika dilakukan secara rutin, olahraga ini sangat bagus untuk melatih daya fokus. Saat membidik, pemahan harus berkonsentrasi antara gerakan dan pikiran. Dia juga harus melatih koordinasi atas otot-otot tangan dan mata.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Berbagai polutan lingkungan, makanan tidak sehat, kurang istirahat dan pola hidup sedentary membuat kita mudah terkena penyakit seperti batuk dan flu. Dengan melakukan olahraga panahan kita dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara alami sehingga tidak mudah sakit.

Menarik, kan? Yuk dicoba!