Yuk, Cari Tahu Tentang Sedentary, Gaya Hidup Milenial Kurang Gerak!


Disadari atau tidak, kini semakin banyak generasi milenial yang melakukan gaya hidup sedentary. Hal tersebut mengacu pada kebiasaan hidup seseorang yang kurang melakukan aktivitas fisik alias kurang gerak. Mereka lebih banyak duduk berjam-jam di suatu tempat, untuk bekerja di depan layar atau sekadar nonton teve.


Perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadi salah salah satu pemicu generasi milenial melakukan gaya hidup sedentary. Mereka lebih memilih belanja online ketimbang keliling pasar atau supermarket. Memilih order makanan ketimbang memasak sendiri. Memilih jasa bersih-bersih rumah daripada membersihkannya sendiri. Memilih naik lift ketimbang naik tangga. Alhasil semua kepraktisan tersebut membuat aktivitas fisik semakin minim. Apalagi, jika ditambah tidak rutin melakukan kegiatan olahraga.

Apa yang terjadi jika seseorang melakukan gaya hidup sedentary?

Risiko terbesar adalah meningkatnya masalah kesehatan, di antaranya penyakit jantung, stroke, diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, nyeri punggung dan keropos tulang. Kebiasaan kurang gerak dan konsumsi makanan tidak sehat juga membuat anak-anak dan orang dewasa mengalami obesitas.

Selain itu, ternyata gaya hidup sedentary membuat kemampuan motorik berkurang. Karena itu, generasi milenial sebaiknya meninggalkan gaya hidup sedentary dan mulai beralih pada gaya hidup yang lebih sehat. Cukupi kebutuhan tubuh untuk bergerak setiap hari. Selain teratur berolahraga, banyak cara yang mudah dilakukan, kok, seperti tiga hal berikut ini:

 

  • Pekerjaan mengharuskan duduk berjam-jam? Luangkan waktu untuk melakukan peregangan dan gerakan olahraga ringan setiap dua jam. Alih-alih menyuruh office boy, berjalanlah ke pantry untuk membuat kopi atau ke kantin untuk membeli camilan.
  • Pilih lokasi parkir yang agak jauh dari lobi gedung kantor dan gunakan tangga untuk sampai ke ruang kerja.
  • Jangan malas bebersih rumah, sebab selain menyehatkan bebersih rumah juga bisa membakar kalori setara berolahraga.

 

Yuk, mulai lakukan dari sekarang!