7 Hal Wajib Menjadi Konsumen Milenial yang Cerdas


Kegiatan berbelanja memang sangat mengasyikan. Mulai dari mencari barang yang diinginkan, memilih-milih mana yang sesuai, mencobanya sebelum akhirnya membayar. Tidak heran banyak orang sampai kecanduan berbelanja.


Terlebih berbelanja secara online yang kini marak dilakukan kaum milenial karena alasan kepraktisan dan pilihan yang beragam. Tinggal ÔÇÿklikÔÇÖ dari mana saja, barang siap diantar.

Faktanya, ada saja kerugian yang dialami konsumen ketika berbelanja, terlebih secara online. Mulai dari tertipu akun toko online, barang rusak, barang tidak sesuai gambar, dan sebagainya. Untuk menghindari hal-hal tersebut, generasi milenial harus menjadi konsumen yang cerdas. Dalam rangka memperingati Hari Hak Konsumen Sedunia (World Consumer Rights Day) yang jatuh setiap tanggal 15 Maret, yuk pahami tujuh hal wajib yang harus dilakukan agar menjadi konsumen milenial cerdas.

1. Teliti Sebelum Membeli
Sebelum membeli pastikan mencari tahu tentang produk tersebut, sehingga barang yang dibeli memang yang benar-benar sesuai kebutuhan. Banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya membaca review atau ulasan dari media massa, komunitas, forum atau dari teman-teman yang pernah menggunakan produk tersebut. Jika lebih banyak review yang buruk, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk membeli.

2. Panduan Penggunaan dan Kartu Garansi
Bacalah dengan teliti panduan penggunaan produk yang tertera pada kemasan atau buku manual, baik itu produk elektronik, kecantikan, kesehatan, dan sebagainya. Gunakan produk sesuai panduan tersebut. Jika masih kurang jelas, kita berhak menanyakan pada penjual. Pastikan juga produk, terutama alat elektronik, memiliki garansi untuk memastikan konsumen mendapat perlindungan ketika produk yang dibeli tidak bagus performanya.

3. Toko yang Terpercaya
Saat berbelanja secara online, ada ribuan bahkan jutaan penjual yang tidak terlihat secara langsung. Oleh karena itu pilihlah toko yang terpercaya, banyak direkomendasikan, bahkan kalau bisa ada teman atau keluarga yang sudah mencoba berbelanja di sana dan mendapatkan pengalaman baik.

4. Label dan Tanggal Kedaluwarsa
Perhatikan label yang berisi nama produk, informasi dan izin produk. Jangan terima jika kemasan atau label rusak. Pastikan juga tertera tanggal kedaluwarsa yang masih jauh dari saat barang tersebut dibeli.

5. Sesuai Standar SNI dan K3L
Pastikan produk bertanda SNI (Standar Nasional Indonesia) dan K3L yang lebih memberi jaminan kepastian atas kesehatan, keamanan, keselamatan konsumen dan lingkungan.

6. Hak Konsumen
Konsumen memiliki hak untuk melaporkan apabila barang atau jasa yang dibeli tidak sesuai standar atau perjanjian.

7. Kebutuhan Bukan Keinginan
Meski belanja memang menyenangkan, bijaklah sebelum membeli. Pastikan benar-benar membutuhkan barang tersebut, bukan membelikan hanya karena keinginan semata, sedang tren atau mengejar diskonan.

Selamat berbelanja!