Mengapa Disarankan Makan Pisang Usai Olahraga? Ini 5 Alasannya


Setelah olahraga tubuh terasa lelah dan butuh asupan untuk menggantikan energi yang hilang. Salah satu makanan yang disarankan adalah pisang.


Si Kuning ini bahkan disebut-sebut sebagai sahabat para atlet karena kandungan nutrisinya yang luar biasa. Mau tahu lebih lanjut kenapa kita disarankan makan pisang usai olahraga? Berikut ini lima alasannya.

 

1. Mengandung Gula Alami

Sebuah pisang mengandung 25% gula alami yang dibutuhkan untuk menambah energi dan daya tahan tubuh setelah Anda kelelahan berolahraga, tanpa membuat berat badan meningkat.

 

2. Mengandung Potasium

Sejenis elektrolit ini berguna untuk menjaga organ-organ tubuh bekerja dengan baik, serta mencegah dan meredakan kram otot.

 

3. Mengandung Kalium

Pisang kaya akan kalium, yaitu elektrolit yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan meningkatkan fungsi jantung. Kalium juga membantu otot-otot terhindar dari rasa nyeri dan kram setelah berolahraga. Satu buah pisang mengandung sekitar 500mg kalium.

 

4. Mengandung Antioksidan

Pisang kaya akan antioksidan dan multi vitamin yang bisa mempercepat regenerasi sel-sel tubuh dan melawan infeksi. Selain itu, pisang kaya serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Dalam satu pisang berukuran serat terkandung sekitar 4gram serat.

 

5. Mengandung Mangan

Bermanfaat membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi sehingga mampu beraktivitas dengan baik dan fokus.

Segera konsumsi pisang setelah berolahraga, yuk!