Millenial Mom: Generasi Like, Comment, Share, Ini Rambu-Rambunya


Anak-anak ÔÇ£zaman nowÔÇØ diterpa pesatnya perkembangan teknologi sejak dini. Hal ini membuat orang tua millennial, terutama para ibu, juga harus terus memperbarui skill berteknologi.


Jangan sampai ibu justru tertinggal dibanding anak-anak, ya. Bahkan seharusnya, ibu selangkah lebih maju dibanding anak-anak agar ibu dapat memberi arahan dalam menggunakan gadget termasuk media sosial.

Nah, sebagai millennial mom, sebelum like, comment, dan share, yuk pahami rambu-rambu bijak bermedia sosial.

1. Gunakan Password

Gunakan password untuk mengamankan akun dan gadget. Password sebaiknya menggunakan kombinasi huruf dan angka yang tidak mudah diketahui.

2. Teliti Sebelum Share

Hindari mengshare foto/video/tulisan yang tidak diketahui jelas sumbernya/berbau SARA. Hindari juga mengshare informasi pribadi seperti lokasi, nama sekolah anak, jadwal kegiatan, nomer telepon bahkan nama lengkap.

Jika ingin memposting foto/video pribadi, pastikan tidak akan disalahgunakan. Ingat, ketika kita membagikan sesuatu di media sosial semua akan menjadi konsumsi publik dan bisa saja digunakan untuk kepentingan tidak baik.

3. Atur Keamanan

Anak-anak punya rasa ingin tahu yang sangat besar, dan internet bisa menjadi sarana untuk mencari informasi. Namun tak semua informasi yang tersaji patut diketahui anak-anak. Sebaiknya aktifkan fitur pengaturan keamanan pada gadget Anda.

4. Saring Teman

Pastikan kita kenal dengan teman-teman di media sosial. Jika ada akun tidak dikenal, jangan di-add.

Ingat ya, Moms, sebelum klik like, share, dan comment, lakukan empat hal in!