Ini 6 Tren Gaya Pengasuhan Terbaru yang Bisa Jadi Inspirasi


Orang tua selalu mengupayakan yang terbaik dalam mengasuh anak-anaknya agar tumbuh dan berkembang secara optimal.


Di tahun 2018, menurut globalnews.ca, muncul enam tren gaya pengasuhan terbaru yang bisa menjadi inspirasi bagi para orang tua. Apa saja?

1. Cuti Melahirkan untuk Ayah

Memberikan cuti panjang sekitar 6-17 minggu bagi para suami untuk menemani istrinya dalam mengasuh bayi. Tak perlu khawatir, sebab gaji tetap dibayar seperti biasa. Beberapa perusahaan besar telah menerapkan cuti ini, seperti Apple, Google, dan Facebook. Di Indonesia kapan, ya?

2. Akun Media Sosial dan Email untuk Anak

Sejak lahir, bahkan sebelumnya, orang tua milenial membuat akun media sosial dengan nama anaknya. Dengan alasan untuk dokumentasi, orang tua menyimpan foto/video anaknya mulai lahir. Selain itu, orang tua bahkan membuat akun email dengan nama si anak.

3. Bermain Tanpa Mengenal Gender

Permainan semakin tidak dibatasi gender, warna tak dibatasi gender, begitu pun aksesori untuk anak.

4. Sikap Asertif

Orangtua mengajarkan anak laki-laki untuk bersikap tidak memaksa dan menghargai perempuan, serta mengajarkan anak perempuan untuk bersikap tegas dan berani berkata tidak.

5. ÔÇ£Alat PelacakÔÇØ

Ini selangkah lebih maju dibanding helicopter parenting. Orang tua akan semakin khawatir dengan keamanan anak-anaknya sehingga membekali mereka dengan alat-alat pelacak (location tracking) yang wearable, seperti watch tracker.

6. Kreatif dan Peduli Kesehatan

Semakin banyak orang tua yang membawakan bekal makan siang yang ditata dalam kotak bento yang unik, slow cooker semakin laris, melakukan permainan tradisional, dan memilih obat-obatan alami.

Menarik dan inspiratif!