Plus Minus Olahraga High Impact untuk Perempuan


Pernah mendengar istilah olahraga high impact? Ya, olahraga ini sangat intens dan pada gerakannya ada hentakan atau lompatan yang membuat posisi kaki tidak menyentuh tanah pada saat bersamaan. Contohnya, lari, lompat tali, lompat jauh, naik turun tangga.


Kelebihannya, tentu saja olahraga jenis ini dapat membakar kalori lebih banyak sehingga cocok bagi yang ingin menurunkan berat badan.

 

Selain itu gerakan olahraga high impact yang dinamis dapat meningkatkan kekuatan tulang. Berguna sekali bagi para perempuan yang rentan terkena keropos tulang, kan?

 

Sayangnya, olahraga ini pun memiliki kekurangan, yaitu tidak cocok dilakukan untuk para pemula, lansia atau orang-orang yang memiliki masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, obesitas, dan sendi.

 

Jika olahraga high impact sembarangan dilakukan dapat membuat sendi dan jantung bekerja berlebihan. Akibatnya, terjadi kelelahan parah, dehidrasi, degup jantung tak beraturan, nyeri dan cedera persendian.

 

Jadi sebaiknya pilihlah olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh. Jika tetap ingin melakukan olahraga high impact, lakukan persiapan fisik terlebih dahulu secara bertahap dengan pendampingan.

 

Selamat berolahraga!