6 Penyebab Selalu Merasa Lapar


Sering terheran-heran karena merasa lapar, bahkan hanya sekitar satu jam setelah menandaskan menu makan siang? Sebenarnya saat itu perut Anda tidak butuh makanan. Tapi ada beberapa penyebab yang membuat Anda terus-menerus merasa lapar.


Menurut Kenny Thapoung, pemerhati nutrisi dari Women’s Health, ada 6 kondisi yang bisa membuat Anda selalu merasa lapar.

 

1. Dehidrasi

Menurut para ahli, kekurangan H2O bisa membuat Anda merasa kebingungan membedakan antara haus dan lapar. Jadi sebelum mencari makanan, minumlah segelas air putih. Jika Anda masih merasa lapar, itu pertanda Anda memang benar-benar lapar.

 

2. Sering Melihat Foto Makanan

Kapan pun Anda bisa disodori foto-foto makanan yang menggiurkan dari media sosial seperti Instagram. Saat teman mengunggah menu kudapan buatannya, lalu teman yang lain memotret menu makan di salah satu resto ternama, itu bisa membuat Anda jadi merasa lapar.

Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Neuroscience menemukan fakta bahwa melihat gambar makanan yang super lezat dapat mengaktifkan pusat otak yang berdampak pada keinginan Anda untuk makan berlebihan. Inilah salah satu alasan mengapa Anda selalu merasa lapar.

 

3. Kurang Tidur

Kondisi tubuh kurang tidur, berdasarkan sebuah studi di tahun 2013, dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat Anda menginginkan porsi lebih besar dari biasanya.

 

4. Terlalu Banyak Gula

Sebuah studi tahun 2011 lalu menemukan bahwa mengonsumsi terlalu banyak makanan manis dapat membuang keseimbangan hormon dalam usus.

Glukosa menyebabkan Anda makan dalam jumlah berlebih yang kemudian bisa memperlambat produksi leptin (hormon  yang menekan nafsu makan) dan memungkinkan ghrelin (hormon yang memberi tahu otak bahwa Anda lapar) menipu Anda untuk makan lebih banyak.

 

5. Stres atau Cemas

Khawatir tentang suatu peristiwa di masa depan dapat menyebabkan ghrelin meningkat. Hal itu bisa meningkatkan kadar lapar dalam tubuh Anda. Sayangnya, efek ini bisa menjadi lebih kuat ketika Anda benar-benar berada di situasi yang rentan menimbulkan stres.

 

6. Menonton TV

Nonton TV memang paling asyik ditemani camilan. Saat mata dan pikiran Anda sedang fokus pada tontonan, secara tidak sadar Anda akan memasukkan makanan ke mulut lebih banyak dari yang disadari.