Benarkah Buah Lokal Lebih Baik dari Buah Impor?

Makan Sehat


Apakah Anda lebih memilih produk lokal ketimbang impor? Nyatanya, masih banyak masyarakat perkotaan lebih memilih bahan makanan impor ketimbang produk lokal.


Padahal produk lokal lebih banyak manfaatnya. Berikut keuntungan bagi kita bila mengonsumsi hasil pangan lokal:

 

Lebih Dekat

Sebenarnya kita dapat memperoleh bahan pangan kita dari tanah kita sendiri. Produk lokal jauh lebih dekat dan lebih mudah bagi kita untuk menjangkaunya. Tidak perlu membeli bahan pangan yang kita tidak tahu berasal dari daerah mana dan berada jauh di sana. Tentu saja, dengan membeli produk lokal, kita turut menghemat energi yang ada.

 

Lebih Segar

Tidak membutuhkan waktu yang lama bagi produk lokal untuk sampai kepada konsumen, mengingat jarak yang dekat antara produsen dan konsumen. Dan hal ini pula yang membuat produk lokal jauh lebih segar dibanding dengan produk impor. Produk impor umumnya dipanen dengan waktu yang kurang tepat untuk menghindari kerusakan atau busuk ketika sampai ke tangan konsumen. Ini membuatnya menjadi kurang segar di banding dengan produk lokal.

 

Gizi Maksimal

Karena memiliki waktu yang tepat dan dalam kondisi yang pas untuk panen, tentu saja produk lokal memiliki gizi yang maksimal dibanding dengan produk impor. Karena dengan waktu panen yang tepat, produk lokal akan memiliki rasa yang baik dan tentu saja nutrisi yang terkandung di dalamnya lebih tinggi.

 

Membantu Petani

Dengan mem-branding produk lokal, berarti memperkenalkan produk lokal secara lebih luas. Dan itu akan membantu petani dalam menyalurkan komoditasnya. Selain itu juga, kita dapat membangkitkan semangat para petani untuk menghasilkan produk lokal yang semakin berkualitas. Dan secara tidak langsung turut membantu perekonomian.

 

Menyelamatkan Lingkungan Sekitar

Membeli produk impor yang berada sangat jauh, turut menyumbangkan banyak sekali kerusakan pada bumi. Proses food miles yang berjalan begitu panjang, turut memberikan dampak yang kurang baik bagi lingkungan sekitar. Melihat kondisi bumi yang sudah memburuk, dinilai sangat penting untuk lebih memilih produk lokal dibanding produk impor.