Aneka Bahan Pengempuk Masakan yang Wajib Tahu


Saat memasak, terutama yang menggunakan bahan utama daging, salah satu kendala yang sering muncul adalah daging yang masih keras. Padahal sudah cukup lama merebusnya. Untuk menghindari hal tersebut gunakan beberapa bahan makanan yang berfungsi sebagai pengempuk. Apa saja?


1. Nanas

Buah ini mengandung Vitamin C dan enzim bromelain yang bisa membuat daging cepat empuk. Sebelum dimasak, lumuri daging dengan parutan nanas dan diamkan selama 30 menit. Jangan lupa bersihkan daging sebelum diolah.

 

2. Daun Pepaya

Enzim papain pada daun papaya berfungsi memecah protein daging sehingga membuatnya cepat empuk. Bungkus daging dengan beberapa lembar daun pepaya dan biarkan hingga 30 menit sebelum diolah.

 

3. Kiwi

Zat actinidin dalam buah kiwi ternyata bisa bermanfaat mengempukkan daging. Parut atau cacah daging buah kiwi lalu balurkan pada daging. Diamkan selama 30 menit, bersihkan, lalu olah daging sesuai kebutuhan.

 

4. Lemon

Kandungan Vitamin C tinggi pada air perasan lemon bisa digunakan untuk mengempukkan daging sekaligus menghilangkan bau amisnya. Baluri daging dengan air perasan lemon hingga merata, lalu diamkan selama satu jam.

 

5. Bubuk Kopi

Sama halnya dengan lemon, bubuk kopi hitam tidak hanya mengempukkan daging tetapi juga menghilangkan bau amisnya. Taburkan bubuk kopi pada seluruh permukaan daging, lalu diamkan selama 30 menit. Bersihkan, dan daging pun siap diolah.

Masakan pun semakin lezat dan empuk!