5 Benda yang Harus Sering Diganti di Dapur


Ternyata dapur yang sehari-hari digunakan untuk memasak dan menghasilkan aneka menu sehat dan bergizi bagi keluarga bisa menjadi sarang kuman jika tidak rutin dibersihkan atau diganti. Dan inilah lima benda di dapur yang harus sering diganti.


1. Spons Cuci Piring

Seberapa sering Anda mengganti spons cuci piring? Jangan-jangan tidak pernah diganti. Jika iya, segera hentikan kebiasaan buruk itu sebab spons cuci piring yang memiliki banyak rongga dan lembap bisa menjadi tempat favorit kuman bersarang. Ganti setiap seminggu, meski masih kelihatan bagus.

 

2. Serbet

Serbet atau lap kain juga berpotensi mengandung kuman karena kita biasanya mengelap sisa makanan yang tumpah atau peralatan dapur yang kotor dengan benda ini. Ganti setiap hari jika sangat kotor atau dua hari sekali ya, Bu!

 

3. Keset Dapur

Meski letaknya di bawah jangan lupakan kebersihan keset dapur. Saat Anda menyapu dapur, angkat keset sebab kotoran bisa bersembunyi di situ. Keset kotor yang lembap bisa memicu jamur dan membuat bau tak sedap. Ganti seminggu sekali, ya.

 

4. Gorden

Bagi Anda yang memiliki gorden di area dapur, coba perhatikan apakah sudah berdebu dan kotor. Sebaiknya hindari gorden berbahan kain yang menyerap debu. Lebih baik memakai vertical blind non kain, pilih bahan yang tipis agar cahaya leluasa masuk, dan gunakan warna cerah serta motif simpel agar dapur terkesan bersih dan luas.

 

5. Kantong Plastik Sampah

Nah, ini harus diganti setiap hari agar dapur tetapi bersih dan bebas bau. Setiap mengganti kantong plastik, angin-anginkan sejenak tong sampah di luar ruangan agar bau yang menempel hilang. Cuci tong sampah seminggu 1-2 kali.

Mudah, kan? Yuk, dilakukan agar dapur bersih dan sehat!