Tips Memilih Kentang untuk French Fries


Kentang goreng kerap dijadikan cemilan saat bersantai, juga dijadikan asupan karbohidrat pengganti nasi. Sayangnya, saat mencoba membuat sendiri di rumah, hasilnya sering mengecewakan.


Ya, membuat kentang goreng ternyata tidak bisa asal. Kita harus memilih dan mengolah kentang untuk kentang goreng dengan tepat supaya hasilnya lembut di dalam dan renyah di luar, seperti kentang goreng yang tersaji di restoran-restoran.

 

Hal utama yang harus diperhatikan adalah memilih kentang sesuai dengan jenisnya. Kentang Russets merupakan kentang yang paling tepat, namun di Indonesia kentang ini tidak banyak dijumpai. Negara yang paling banyak menggunakan kentang ini adalah Amerika.

 

Tapi, tidak perlu khawatir jika tidak bisa mendapat jenis kentang tersebut. Pilihlah karakteristik kentang yang tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering. Sebab, kentang yang terlalu basah akan menghasilkan tekstur kentang goreng yang lembek. Sementara jika menggunakan kentang yang terlalu kering akan menghasilkan tekstur kentang goreng yang keras.

 

Namun, jika kita hanya memiliki kentang dengan karakteristik yang terlalu basah atau yang terlalu kering, kita tetap bisa menyiasatinya. Caranya, siapkan campuran air dengan garam. Ada dua jenis campuran, yang pertama adalah campuran kuat (120 gr garam dengan 1 kg air) dan campuran ringan (90 gr garam dengan 1 kg air).

 

Untuk kentang yang terlalu basah, rendam ke dalam campuran yang ringan. Jika kentang ada yang mengapung maka artinya kentang tersebut terlalu basah untuk dijadikan kentang goreng. Kentang tersebut bisa disisihkan untuk dijadikan olahan kentang lainnya.

 

Sebaliknya, untuk kentang yang terlalu kering, pertama-tama rendam kentang ke dalam campuran ringan, lalu ambil kentang yang tenggelam. Kemudian rendam kentang tersebut ke dalam campuran kuat. Kentang yang mengapung adalah kentang yang tepat untuk dijadikan kentang goreng, dan sisa kentang lainnya dapat diolah menjadi olahan kentang lainnya.

 

Cara lain bisa juga dengan direndam menggunakan campuran 1 sdm perasan jeruk lemon dan 1 mangkuk air, sebelum kentang digoreng. Jadi, pilih dan tangani kentang dengan tepat untuk sepiring French fries yang renyah.